•  
  • cahaya2berlian@online-digitalprinting.com
Selasa, 05 April 2011 - 10:40:09 WIB
Cara Infus Printer
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Offset Printing - Dibaca: 15782 kali

Kembali berbicara tentang tinta. Kita banyak mendengar bahwa sistem Sistem Infus atau dikenal dengan istilah continuous ink supply system (CISS) adalah solusi yang sangat murah untuk mengatasi kebutuhan refill / isi ulang karena system ini tidak memerlukan untuk melakukan pembelian baru cartridge tinta setiap kali kita mau mengganti tinta.

Setiap botol tinta pada CISS dapat menampung 50-200 cc tinta untuk jenis printer personel usage atau kantor yang tidak terlalu besar. Dalam istilah lain orang menyebutnya SOHO (Small Office Home Office). Tiap-tiap botol dihubungkan lewat pipa atau selang ke cartridge, sehingga tangki tinta dapat direfill dari botol tanpa perlu suntikan.

Dari sisi bisnis, tentu saja pabrikan printer inkjet sangat khawatir dengan sistem infus ini, karena dengan adanya sistem infus akan menyebabkan menurunnya pembelian cartridge, namun karena permintaan pasar sangat tinggi untuk kebutuhan cetak inkjet maka hasilnya adalah kompetisi antara pabrikan printer dengan pabrikan aksesoris CISS, salah satu cara untuk mensiasati masalah ini pabrikan printer merubah formula tinta, membuat chip yang sulit direset atau ditiru dan merubah-rubah model cartridge dan model printer.

Ada 2 cara untuk menginfus suatu printer, yang pertama dengan memakai cartridge aslinya, dan yang kedua dengan memakai cartridge yang khusus didesain untuk CISS. Beberapa tipe printer harus memakai cartridge aslinya ketika diinfus (contohnya Canon iP1200,ip1300,ip1700 dan ip1880 atau Hewlett Packard DJ3920 dan 2466) hal ini dikarenakan head printer menyatu dengan tangki tintanya. Lain dengan printer Epson seperti C58 atau C90 harus menggunakan cartridge yang khusus didesain untuk CISS karena tangki tinta aslinya tidak bisa dilubangi untuk disuplai tinta dan juga karena pada cartridge aslinya terdapat smart chip yang menghitung habisnya tinta. Ada tipe printer yang selain dapat menggunakan cartridge aslinya juga dapat menggunakan cartridge yang didesain untuk CISS, contohnya Canon i255, i320 atau iP1000.

Silahkan baca juga artikel-artikel lainnya :

Sign Printing , Digital Printing , Offset Printing dan Digital Sablon .

Untuk keperluan produk-produk printing, silahkan hubungi kami . Kami siap memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan anda.



0 Komentar :